Logo Bee Web
Panduan Beecloud 3.0
Dipublish: Friday, 5 January 2024

Input Pinjaman Uang Kepada Customer Beecloud 3.0

Penulis: Anggi Indra
Cari Panduan Lainnya

Halo Pebisnis,

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Input Pinjaman Uang Kepada Customer Beecloud 3.0. Anda tidak perlu catat secara manual apabila ada customer yang meminjam ke Anda.

Berikut ini langkah-langkah input pinjaman uang kepada customer Beecloud 3.0:

A. Buat Akun Penampung Piutang

1. Akses menu |Master| > |Akun| > klik |Icon Filter| > pilih klasifikasi akun "Piutang Lainnya" > Lalu pilih |Terapkan|.

Akses Menu Master Akun Fix

Gambar 1. Akses Menu Master Akun

Pilih Klasifikasi Akun Piutang Lainnya

Gambar 2. Pilih Klasifikasi Akun Piutang Lainnya

2. Buat akun penampung piutang customer tersebut.

  • Kode Akun: isi kode akun sesuai dengan urutan yang ada diklasifikasi akun tersebut
  • Nama Akun: isi nama akun penampung piutang customer tersebut.
  • Klasifikasi Akun: isi dengan klasifikasi akun "Piutang Lainnya".
Buat Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

Gambar 3. Buat Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

Akun Berhasil Ditambahkan

Gambar 4. Akun Berhasil Ditambahkan

B. Setting Mitra Bisnis sebagai Supplier dan Customer

1. Akses menu |Master| > |Mitra Bisnis| > Pilih tab |Customer| > Lalu pilih salah satu mitra bisnis dengan klik "Icon Pensil" > Pastikan tercentang pada checkbox "Customer" dan "Supplier".

Setting Mitra Bisnis Supplier Dan Customer

Gambar 5. Setting Mitra Bisnis Supplier dan Customer

C. Input Pencatatan Uang Pinjaman Kepada Customer

1. Akses menu |Kas/Bank| > |Pembayaran| > pilih |Tambah Baru| > Pilih mitra bisnis "Toko Purnama Jaya" dan atur tanggal transaksi > klik |Pilih Akun|.

Akses Menu Kas Bank

Gambar 7. Akses Menu Kas/Bank

Atur Mitra Bisnis Dan Pilih Akun

Gambar 8. Atur Mitra Bisnis dan Pilih Akun

2. Cari akun "Pinjaman Uang Kepada Customer" > Lalu pilih akun "Pinjaman Uang Kepada Customer" dengan klik tanda panah kanan.

Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

Gambar 9. Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

3. Lalu masukkan "Jumlah Nominal" uang yang dipinjamkan serta "Keterangan" apabila dibutuhkan.

Masukkan Jumlah Nominal Dipinjamkan

Gambar 10. Masukkan Jumlah Nominal Dipinjamkan

4. Pilih "Cara Bayar" > Pilih kas/bank yang digunakan untuk meminjamkan uang kepada customer tersebut.

Pilih Cara Bayar Dan Pilih Kas Bank Yang Digunakan Meminjamkan

Gambar 11. Pilih Cara Bayar dan Pilih Kas/Bank yang Digunakan Meminjamkan

5.  Jika sudah selesai semua, maka bisa klik |Simpan|. Secara otomatis akan tercatat di laporan neraca Anda.

Klik Simpan

Gambar 12. Klik Simpan

D. Input Pengembalian Uang Dari Customer

1. Akses menu |Kas/Bank| > |Penerimaan| > pilih |Tambah Baru| > Pilih mitra bisnis "Toko Purnama Jaya" dan atur tanggal transaksi > klik |Pilih Akun|.

Akses Menu Penerimaan

Gambar 13. Akses Menu Penerimaan

Atur Customer Dan Pilih Akun

Gambar 14. Atur Customer dan Pilih Akun

2. Cari akun "Pinjaman Uang Kepada Customer" > Lalu pilih akun "Pinjaman Uang Kepada Customer" dengan klik tanda panah kanan.

Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer 2

Gambar 15. Pilih Akun Pinjaman Uang Kepada Customer

3. Lalu masukkan "Jumlah Nominal" uang yang dibayarkan oleh customer serta "Keterangan" apabila dibutuhkan.

Masukkan Jumlah Nominal Dibayarkan

Gambar 16. Masukkan Jumlah Nominal Dibayarkan

4. Pilih "Cara Bayar" > Pilih kas/bank yang digunakan untuk menerima uang pembayaran dari customer tersebut.

Pilih Cara Bayar Dan Pilih Kas Bank

Gambar 17. Pilih Cara Bayar dan Pilih Kas/Bank

5.  Jika sudah selesai semua, maka bisa klik |Simpan|. Secara otomatis akan tercatat di laporan neraca Anda.

Klik Simpan Penerimaan

Gambar 16. Klik Simpan

6. Berikut ini tampilan laporan neraca atas akun "Pinjaman Uang Kepada Customer".

Tampilan Laporan Neraca

Gambar 17. Tampilan Laporan Neraca

Panduan Terbaru

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Software Akuntansi Online

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Cara Melihat Transaksi Penjualan Yang Sudah Terhapus Beecloud
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai Cara Cek Detail Transaksi Yang Sudah Terhapus Beecloud. Kegunaan fitur tersebut
Baca Juga
Setting Default Level Harga Pada Beecloud
Hallo Pebisnis.. Pada panduan ini akan dijelaskan cara setting default level harga ketika kita membuat mitra bisnis baru agar otomatis
Baca Juga
Input Barang PID/PID Unik Pada Penerimaan Pembelian
Hallo Pebisnis Pada panduan kali ini akan di jelaskan cara input barang dengan menggunakan PID/PID Unik melalui penerimaan pembelian. Lalu
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu