Hallo Pebisnis
Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara input biaya dan pendapatan untuk department.
Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Buat Master Department
Silahkan cek panduan berikut untuk cara membuat Department baru.
Cara Membuat Master Departemen
2. Cara Input Biaya Department
Masuk menu Kas/Bank - Pembayaran Biaya, kemudian klik Tambah Baru.
Isikan nama supplier, dalam contoh kali ini nama Supplier adalah perusahaan sendiri, karena untuk biaya internal. Atau bisa juga di isikan Pertamina atau yang lain.
Kemudian pilih akun, cari akun yang ingin di jurnal engan akun kas/bank.
Isikan jumlah bayarnya, lalu klik Add.
Kemudian klik simbol pensil untuk edit detail lebih lanjut.
Arahkan Departmentnya. Kemudian klik Update.
Input Cara Bayar dan menggunakan Kas/Bank apa. Kemudian Simpan.
Untuk mengetahui Laba/Rugi per Department, silahkan masuk menu Akuntansi - Laporan Akuntansi - Laporan Laba Rugi. Arahkan Depertment yang ingin di liat laporannya, kemudian klik Preview.
3. Cara Input Pendapatan Department
Untuk input pendapatan department, bisa dengan cara input Penjualan baru. Silahkan masuk menu Penjualan - Penjualan, kemudian klik Tambah Baru.
Input penjualan seperti biasa. Dibagian item, silahkan klik simbol pensil untuk edit detail lebih lanjut.
Kemudian pilih Departmentnya. Kemudian klik Update.
Berikut Laporan Laba Ruginya.
Cara lain untuk input Pendapatan Department, bisa melalui menu Kas/Bank - Penerimaan Pembayaran, Pilih Akun