Hallo Pebisnis,
Kali ini kami jelaskan cara penggunaan menu Penerimaan Pembelian, yang dimana menu Penerimaan Pembelian ini berfungsi sebagai menu untuk menginput barang yang kita terima dari supplier setelah input order pembelian, namum belum kita inputkan di pembelian.
untuk menggunakan menu ini, langkah - langkahnya sebagai berikut :
1. Pastikan sudah melakukan input order pembelian, untuk input order pembelian silahkan ikuti panduan berikut Cara Input Order Pembelian
2. Kemudian Masuk ke menu Pembelian -> Penerimaan Pembelian -> Klik Tambah Baru
3. Lalu set nama supplier yang sesuai dengan order pembelian, lalu klik Impor Data dan klik tombol centang untuk memilih nota order pembelian yang akan diimpor
4. Setelah itu akan muncul list item sesuai dengan hasil inputan order pembeliannya, dan cek apakah item / stok yang di order pembelian sudah sesuai atau tidak, jika sudah sesuai langsung klik Simpan
Apabila setelah input penerimaan pembelian, di kolom Invoiced ada simbol silang seperti dibawah ini
silahkan lakukan pembelian dengan impor nota penerimaan pembeliannya agar keterangan invoiced tersebut berubah tandanya menjadi centang, yang menandakan bahwa penerimaan pembelian ini sudah diterima dan sudah terinput di pembelian.