Tingkatkan Bisnis Anda dengan Aplikasi UMKM Ini!

Tuesday, 12 May 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kabar gembira untuk pemiliki usaha kecil, karena untuk saat ini Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis dengan bantuan aplikasi umkm. Benar saja bahwa teknologi saat ini memudahkan segala pemiliki bisnis dalam mengelola usaha yang mereka jalankan.

Hadirnya teknologi menjadi jawaban atas masalah atau kesulitan yang banyak dihadapi pemiliki umkm. Jika sebelumnya mereka yang memiliki sedikit masalah akan sangat kesulitan dalam menyelesaikannya. Namun tidak berlaku untuk sekarang karena hadirnya sebuah aplikasi bisnis umkm.

Baca Juga: Cari Tahu Perbedaan Laporan Pajak Bulanan dan Tahunan Di Sini

Tentang Aplikasi UMKM

aplikasi umkm

Illustrasi Menjalankan Bisnis Menggunakan Aplikasi (Sumber: Freepik.com)

Jika membahas teknologi tidak afdol jika hanya sebatas membahas fungsinya saja. Kita akan mulai bahas tentang pengertian serta asal muasalnya. Aplikasi UMKM merupakan sebuah sistem berbasis teknologi yang diciptakan untuk memudahkan pelaku bisnis UMKM.

Berawal dari persoalan yang sering dihadapi seperti halnya masalah keuangan, penjualan ataupun pembelian. Ada yang sulit pengontrol keuangan, ada pula yang penjualannya tidak meningkat, ada pula pembelian yang tidak tersistem.

Sehingga aplikasi ini diciptakan dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang ada pada bisnis umkm sehingga mereka akan lebih mudah meningkatkan bisnis yang mereka jalankan.

Kenapa Harus Pakai Aplikasi UMKM?

Melihat kondisi saat ini, banyak yang merasa kesulitan untuk melakukan scale up bisnis umkm yang mereka jalankan. Seiring berjalannya waktu, masalah yang seharusnya dituntaskan jika dibiarkan akan menjatuhkan bisnis yang dijalankan.

Hadirnya developer yang membuat aplikasi bisnis umkm akan memudahkan segala kegiatan operasional bisnis yang dijalankan seperti:

  • Kegiatan Pembelian, lebih tersistem sehingga tidak akan ada lagi kesalahan pembelian atau stok yang kurang.
  • Kegiatan Gudang, lebih terkontrol dengan pencatatan yang akurat, memudahkan Anda memantau keluar masuk stok hingga melakukan opname stok
  • Kegiatan Penjualan, bikin invoice lebih mudah sampai pencatatan piutang sehingga Anda akan lebih mudah pantau piutang dan tidak akan ada lagi pemasukan yang tertunda
  • Pengelola Keuangan, salah satu ketakutan bisnis umkm adalah masalah keuangan yang tidak terkontrol. Hadirnya aplikasi umkm memudahkan Anda menganalisa setiap perputaran uang yang ada di bisnis umkm Anda

Macam-macam aplikasi UMKM

Untuk Anda yang belum mengetahui aplikasi apa saja yang cocok untuk membantu bisnis umkm Anda, berikut ini akan kami bahas aplikasi apa saja yang bisa Anda gunakan.

1. Aplikasi Jasa Pengiriman

Apapun bisnis yang Anda jalankan, adakalanya juga membutuhkan jasa pengiriman untuk mengantar produk yang Anda jual ke tangan konsumen. Anda bisa menggunakan aplikasi jasa pengiriman seperti Ninja Xpress untuk memudahkan Anda menggunakan jasa pengiriman. Anda bisa memantau pengiriman melalui aplikasi tersebut.

2. Aplikasi Komunikasi

Dalam sebuah bisnis, komunikasi antar team merupakan hal yang paling penting. Slack merupakan salah satu aplikasi yang mendukung hal ini. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis untuk berkomunikasi antar team dalam bisnis umkm yang sedang Anda jalankan.

3. Aplikasi Pengelola Aktivitas

Saking banyaknya aktivitas yang dijalankan jadi semakin sulit mengontrol setiap pekerjaan. Ada kalanya setiap aktivitas yang dijalankan dapat berjalan sesuai rencana. Untuk mempermudah mengatur perencanaan, progress, dan evaluasi aktivitas harian, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Trello. Aplikasi ini dapat membantu mengelompokkan kategori aktivitas dan juga memantau progress pengerjaan suatu hal.

4. Aplikasi Kontrol Bisnis UMKM

Image Software Akuntansi Online Aman Siap Audit

Ini merupakan salah satu aplikasi all in one yang bisa Anda gunakan. Jika Anda mengalami masalah susah kontrol keuangan, penjualan, stok, dan pembelian, Anda bisa menggunakan aplikasi Beecloud. Beecloud hadir sebagai aplikasi UMKM terbaik untuk membantu segala kegiatan bisnis Anda.

Kelebihan Beecloud yang bisa Anda dapatkan:

  1. Data transaksi semua cabang terpusat online & realtime. Satu data, tanpa rekap, anti molor, pasti klop
  2. Cek stok habis, volume penjualan harian, limit piutang pelanggan, anggaran biaya sampai laba rugi, semua bisa Anda cek per cabang maupun global semua cabang.
  3. surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, bayar bensin, parkir dan semua bukti transaksi (keluar uang) bisa dilampirkan (attachment) di Beecloud
  4. Integrasi POS Kasir, langsung nyambung ke Akunting. Gak perlu 2 software, cukup 1 Program dan terintegrasi otomatis
  5. Kontrol Bisnis Kapanpun dan Dimanapun, langsung download Beecloud Dashboard di Playstore

Info Lengkap bisa Anda kunjungi halaman: Aplikasi UMKM Beecloud

Kesimpulan

Semua kegiatan bisnis lebih mudah dilakukan dengan bantuan aplikasi. Anda bisa menggunakan aplikasi di atas yang sudah kami rekomendasikan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :