Pengertian dan Contoh Jurnal Penyesuaian Bisnis

Thursday, 10 September 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Contoh jurnal penyesuaian banyak dicari oleh pebisnis seperti Anda. Seperti yang kita ketahui bersama jika pembukuan keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Adalah salah satu proses penyesuaian catatan / fakta yang sebenarnya ada pada akhir periode akuntansi. Jurnal penyesuaian itu sendiri disusun berdasarkan data neraca saldo dan data (informasi) penyesuaian akhir periode.

Di dalam jurnal penyesuaian ada yang namanya ayat jurnal. Ayat jurnal atau dikenal juga dengan ayat penyesuaian itu adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam beberapa akun sehingga saldo mencerminkan jumlah saldo yang sesungguhnya.

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Pengertiandan Contoh Jurnal Penyesuaian Bisnis

Contoh Penghitungan Jurnal Penyesuaian (Sumber: Freepik.com)

Fungsi jurnal penyesuaian berdasarkan pengertian diatas adalah sebagai berikut :

  1. Supaya pada saat akhir periode akun riil yaitu termasuk harta, kewajiban serta modal dapat meunujukkan nilai keadaanya yang sebenarnya.
  2. Untuk menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode.
  3. Untuk menghitung pendapatan dan beban selama periode bersangkutan.
  4. Supaya akun-akun nominal, yaitu akun pendapatan dan beban dapat diakui dalam suatu periode dan menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

Contoh Jurnal Penyesuaian

Bagaimana sampai di sini sudah paham atau justru semakin bingung mengenai jurnal penyesuian?

Contoh Jurnal Penyesuaian

Contoh Jurnal Penyesuaian (Sumber: Harmony.co.id)

Agar Anda tidak bingung langsung saja saya kasih beberapa contoh cara membuat jurnal penyesuaian dibeberapa kasus ;

1. Piutang Pendapatan/ Pendapatan yang Belum Diterima

Pendapat yang belum diterima atau piutang pendapat terjadi ketika suatu perusahaan sudah memberikan jasa ataupun barang kepada customer namun customer tersebut belum membayarnya.

Saya berikan contoh terjadinya Transaksi Jurnal Penyesuain pendapatan yang masih diterima :

Ada perusahaan PT. ABC yang bergerak dibidang jual beli laptop. Pada tgl 30 juli 2020 PT. ABC menjual laptop merk A 3 pcs dengan harga Rp 8.000.000/Pcs dengan cara kredit pada pelanggannya dengan total penjualan sebesar Rp 24.000.000.

Dari contoh soal ayat jurnal penyesuaian diatas maka seperti ini pencatatan dalam jurnal penyesuainya ;

Tanggal Keterangan Ref Debit Kredit
Jul 2019 Piutang Pendapatan Rp 24.000.0000
Pendapatan Barang Rp 24.000.000

2. Biaya Dibayar di Muka

Biaya dibayar di muka adalah biaya-biaya yang belum menjadi kewajiban perusahaan untuk membayarnya pada periode yang bersangkutan, tapi perusahaan sudah harus membayarnya terlebih dahulu.

Karena jumlah total yang dibayarkan belum menjadi beban perusahaan untuk periode yang bersangkutan, karena itu jumlah total yang sudah dibayarkan tersebut menjadi uang muka dan termasuk dalam Aktiva Lancar (Current Assets). Karena itulah dibutuhkan jurnal penyesuian untuk mencatatnya

Apa saja beban yang biasanya dibayar dimuka ?

  • Biaya Sewa Gedung Kantor Dibayar Dimuka
  • Biaya Sewa Kendaraan Dibayar Dimuka
  • Biaya Sewa Alat Berat Dibayar Dimuka
  • Biaya Sewa Mesin Dibayar Dimuka
  • PDAM
  • Listrik
  • Asuransi

Contoh soal pencatatan jurnal penyesuaian biaya dimuka dengan kasus uang gedung.

PT ABC menyewa sebuah gedung untuk kantor yang dibayar di awal sebesara Rp 24.000.000 untuk 1 tahun. Dan nilai tersebut tidak menunjukkan nilai yang sebenarnya. Karena, telah digunakan sewa sebesar Rp 4.000.000. Jadi cara menghitung jurnal penyesuaian seperti ini.

Beban sewanya akan bertambah serta sewa yang dibayar dimuka akan mengalami pengurangan sebesar Rp 4.000.000

Jadi contoh jurnalnya sebagai berikut ;

Tgl Keterangan Ref Debit Kredit
Des 2019 Beban Sewa Rp 4.000.000
Sewa dibayar dimuka Rp 4.000.000

3. Penyusutan Aktiva Tetap

Penyusutan aktiva juga harus dicatat sebagai pengakuan beban depresiasi atau beban penyusutan oleh suatu perusahaan. Aktiva ini bisa berupa gedung, peralatan mesin produksi dan juga kendaraan.

Lantas bagaiamana caranya mencatat penyusutan aktiva ? langsung saja kita kecontoh kasusnya.

Pada periode Desember 2019 tahun lalu, menginformasikan jika terjadi depresiasi sebesar Rp 5.000.000. Sehingga, menambah beban penyusutan suatu aktiva serta akumulasi penyusutan senilai Rp 5.000.000

Jadi cara membuat jurnal penysuaiannya sebagai beriku :

Tgl Keterangan Ref Debit Kredit
Des 2019 Beban Penyusutan Peralatan Rp 5.000.000
Akumulasi Penyusutan Peralatan Rp 5.000.000

4. Pemakaian Perlengkapan

Perlengkapan adalah bahan yang dibeli untuk kepentingan operasional perusahaan contoh nya seperti ATK. Sehingga perusahaan harus mencatat pemakaian perlengkapan untuk tujuan melakukan perhitungan fisik pada jumlah perlengkapan yang amsih tersisa.

5. Pendapatan Diterima Dimuka

Pendapatan yang diterima di muka tidak boleh dicatat sebagai suatu pendapatan. Namun harus dicatat sebagai hutang. Mengapa bisa begitu? Ini semua terjadi karena perusahaan belum melakukan realisasi pendapatan sehingga itu belum bisa menjadi hak perusahaan.

Jurnal Contoh Penyesuaian lengkapnya sebagai berikut :

Laporan keuangan

Contoh Jurnal Penyesuaian (Sumber: Bee.id)

Kesimpulan

Jurnal penyesuaian adalah salah satu komponen penting dalam sebuah laporan keuangan perusahaan. Tapi masalahnya adalah tidak semua orang paham akan bagaimana caranya membuat jurnal penyesuaian yang baik dan benar.

Oleh karena itu Anda membutuhkan sesorang yang ahli dalam membuat laporan keuangan. Namun dengan merektur karyawan baru akan membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Misal satu bulan Anda harus membayar 1 karyawan tersebut 3 juta makan dalam setahun Anda harus mengeluarkan Rp 3.000.000 x 13 = Rp 39.000.000.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola pembukuan dan seluruh jurnal pada bisnis. Tanpa harus mengeluarkan uang sebanyak itu Anda bisa menggunakan software akuntansi. Keuntungan lain menggunakan software akuntansi selain hemat juga bisa meminimilasir kesalahan pencatatan pembukuan dan tindakan fraud yang bisa saja dilakukan oleh karyawan.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Salah satu software akuntansi online terbaik di indonesia adalah Beecloud. Selain fiturnya yang sangat lengkap. Untuk harga dari Beecloud sendiri sangatlah terjangkau Anda juga bisa bayar perbulan. Beecloud juga menyediakan free trial selama 30 hari.

Jadi langsung saja deh Anda coba dulu dengan cara klik disini. Agar Anda bisa tahu manfaatnya terlebih dahulu bagaimana manfaatnya membuat jurnal penyesuaian hanya dengan sekali klik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Jika ada membutuhkan contoh-contoh jurnal lainya silahkan koment dibawah ya. Terima kasih.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :