🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web
Panduan Beecloud 3.0
Dipublish: Thursday, 2 February 2023

Input Data Mitra Bisnis Customer Beecloud 3.0

Penulis: Ryan
Cari Panduan Lainnya

Halo Pebisnis

Master Mitra Bisnis merupakan Master untuk menyimpan data - data Perusahaan / Perorangan yang berhubungan dengan Perusahaan kita Seperti Data Customer, Data Supplier, Data Partner dll. Pada panduan kali ini akan dijelaskan mengenai Input Data Mitra Bisnis Customer Beecloud 3.0.

Berikut langkah-langkah akses dan membuat mitra bisnis customer Beecloud :

  1. Masuk ke menu [Master] > [Mitra Bisnis] > |Tambah Baru| > |Customer|  1.1

Penggunaan

Pada Master Mitra Bisnis Ini Terdapat 5 Tab :

A. Tab Profil 1.3

  1. Kode Mitra Bisnis
    Diisi Kode Mitra Bisnis. Secara Otomatis Sistem sudah mengisinya dengan isian "AUTO", Ini berarti Kode Mitra Bisnis secara Otomatis akan di generatekan dari Sistem BeeCloud. Tetapi anda bisa menggantinya sendiri dengan Kode Standar Perusahaan anda. Ganti isian AUTO dengan Kode Standar Perusahaan Anda.
    *Tips : Jika anda membuat Kode Sendiri lebih baik Menggunakan Inisial / Singkatan dari nama Mitra Bisnis tersebut. Gunakan Gabungan antara huruf dan Angka.
  2. Sapaan
    Diisi nama sapaan / alias customer
  3. Nama
    Diisi dengan Nama Mitra Bisnis.
  4. Grup Mitra Bisnis
    Anda bisa memanfaatkan Field ini untuk mengelompokkan Mitra Bisnis berdasarkan Kriteria yang anda tentukan sendiri. Misalkan mengelompokan Customer berdasarkan jumlah pengambilan barangnya : Partai Besar, Grosir, Retail dll.
  5. Tipe Mitra Bisnis
    Field Ini harus di Isi ! Tipe ini sangat menentukan Mitra Bisnis anda sebagai Customer atau Supplier atau yang lain. Caranya tinggal anda kasih centang pada box yang disediakan.
  6. Level Harga
    Diisi level harga yang akan digunakan oleh Customer tersebut. Field ini akan bermanfaat ketika anda melakukan Penjualan, Pada saat memilih Customer tersebut maka secara otomatis harga yang akan digunakan adalah harga berdasarkan level harga yang anda pilih di sini.
  7. Sales
    Diisi Sales yang menghandle Customer tersebut.
  8. Deskripsi
    Silahkan isi deskripsi yang terkait dengan Mitra Bisnis tersebut. Misalkan dapat info perusahaan kita dari mana.
  9. Atur Foto
    Jika ingin menambahkan Foto dari customer misalnya foto toko.

B. Tab Alamat 1.4

  1. Keterangan Alamat
    Diisi informasi alamat tersebut, misalkan Kantor / Pabrik / Gudang dll.
  2. Sapaan
    Diisi nama sapaan / alias customer
  3. Nama
    Diisi dengan nama customer.
  4. No Telepon
    Diisi Nomor Telepon Mitra Bisnis.
    Tips : Agar lebih mudah membaca data Nomor Telepon lebih baik jika setiap 3 atau 4 digit diberi sparator.
  5. Email
    Diisi dengan email customer
  6. Provinsi, Kota, Kecamatan
    Diisi data Provinsi, Kota, Kecamatan
  7. Kode Pos
    Diisi Kode Pos untuk alamat yang bersangkutan.
  8. Detail alamat
    Diisi alamat lengkap customer

C. Tab Bank/Pajak 1.5

Diisi Data Bank dan Pajak Mitra Bisnis. Informasi ini sangat bermanfaat ketika kita akan melakukan Pembayaran Hutang atau apapun yang membutuhkan Informasi Rekening Bank Mitra Bisnis. Dan ketika kita harus membuatkan Faktur Pajak untuk Customer.

  1. Bank
    Diisi Nama Bank yang digunakan Mitra Bisnis.
  2. No. Rekening
    Diisi Nomor Rekening daring Bank Tersebut.
  3. Atas Nama
    Diisi Atas Nama Pemilik Rekening tersebut.
  4. NPWP
    Diisi Nomor Pokok Wajib Pajak Mitra Bisnis.
  5. P.K.P
    Diisi Nomor Pengusaha Kena Pajak.
  6. Tanggal P.K.P
    Diisi tanggal Pengukuhan PKP.
  7. No NIK
    Diisi Nomor Induk Kependudukan
  8. Atas Nama NIK
    Diisi atas nama sesuai data NIK
  9. Penjualan
    Jika Customer ini dikenakan pajak atau harga termasuk pajak berilah centang pada box yang disediakan. Pengaturan ini hanya default saja, masih bisa anda edit/rubah lagi pada saat melakukan transaksi penjualan.

D. Tab Hutang/Piutang 1.5

  1. Mata Uang
    Digunakan untuk menentukan Mata Uang yang dipakai oleh Mitra Bisnis. Pilih Mata Uang yang anda inginkan pada ComboBox.
  2. Penjualan
    • Termin
      Digunakan Untuk Setting Default Termin pada saat Pembelian ke Mitra Bisnis tersebut.
      NB : Jika anda pilih Credit, maka customer tersebut bisa melakukan transaksi Cash dan Credit. Tapi jika anda pilih Cash, maka customer tersebut hanya bisa melakukan transaksi Cash saja.
    • Tempo
      Diisi Default Lama Jatuh Tempo Nota Penjualan.
  3. Akun
    Untuk Piutang, secara umum Akun diarahkan pada Akun Piutang Usaha. Pada Sistem BeeCloud ini anda juga bisa mengarahkan Akun ini ke Akun lain. Tetapi Akun tersebut harus setara dengan Akun Piutang Usaha.
  4. Batas Piutang
    Digunakan untuk Seting Limit Jumlah Piutang berdasarkan jumlah rupiahnya. Cara Seting :

    • Klik Tombol Ganti
    • Jika Text Fieldnya berisi "Tidak Terbatas" maka Piutang Unlimited. Jadi sampai berapapun piutangnya diperbolehkan oleh Sistem.
    • Jika Text Fieldnya berisi "Tidak Diijinkan" maka sistem tidak akan mengijinkan Generate Piutang. Jadi setiap penjualan harus Cash.
    • Jika Text Fieldnya berisi " Ada" dan Text Filednya bisa diisi maka itu berarti user harus mengisinya dengan Limit yang ditentukan sendiri.
  5. Batas Frekuensi
    Digunakan untuk Seting Limit Jumlah Piutang berdasarkan banyak Nota Credit / Nota yang masih menggantung. Cara Seting sama dengan Setting Batas Piutang.

Atau bisa lihat versi video untuk lebih jelasnya

Baca juga : Cara Cepat Import Data Customer/Supplier Beecloud 3.0

Software Akuntansi Online

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Fungsi Penagihan Pada Menu Penjualan Beecloud
Hallo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Fungsi Modul Daftar Penagihan Pada Menu Penjualan. Dengan menu ini 
Baca Juga
Cara Membuat Master Penagih Beecloud
Halo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat Master Penagih Beecloud. Fitur penagih ini berfungsi sebagai
Baca Juga
Cara Aktifkan PID Beecloud
Halo Pebisnis, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Aktifkan PID Beecloud . PID (Product ID) merupakan serial number
Baca Juga
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu