Cara Potong Hutang dengan Uang Muka

Selain pelunasan dengan menggunakan retur, anda juga bisa melakukan pelunasan hutang dengan menggunakan uang muka. (Baca juga: Cara Potong Hutang Dengan Retur Pembelian) Langkah awal sebelum melakukan pelunasan dengan menggunakan uang muka pastikan anda sudah membuat uang muka terlebih dahulu. (Baca juga: Membuat Uang Muka Supplier) Berikut adalah cara untuk melakukan pelunasan hutang dengan menggunakan uang muka. […]

Cara Potong Hutang dengan Retur Pembelian

Setelah membuat transaksi pembelian kredit/tempo, tahapan selanjutnya adalah pelunasan. Untuk melakukan pelunasan hutang juga bisa mengikuti cara dari halaman berikut Cara Input Pembayaran Hutang Supplier/Vendor. Pada saat tertentu juga terkadang saat akan melakukan pelunasan ternyata pada nota tersebut terdapat retur pembelian yang masih menggantung dan harus kita potongkan saat kita melunasi  hutang ke vendor/supplier. (Baca […]

Penerimaan Pembayaran Dengan Giro

Untuk melakukan transaksi menggunakan Cek/Giro terlebih dahulu kita harus input data Cek/Giro tersebut. (Baca juga: Cara Membuat Giro ) Pertama – tama masuk ke |Kas/Bank| lalu |Penerimaan Pembayaran| setelah itu klik [Tambah Baru] Pilih [Customer] setelah itu klik [Pilih Piutang] Jika tidak muncul Piutang klik [Refresh] lalu jika sudah muncul klik √ Maka akan muncul Piutang […]

Cara Input Transaksi Reimburse(Claim)

Sekilas untuk sistem Reimburse(Claim). Misal anda seorang pegawai kantor yang tugas keluar kota. Dan untuk Perjalanan/transport memakai uang Anda terlebih dahulu dan simpan buktinya. Sesampai di kantor, Anda claimkan biaya tersebut ke kantor. Maka jurnal dari sudut pandang perusahaan, seperti berikut :     Implementasi bagian Accounting Kantor, sebagai Berikut : Buat Akun untuk Menampungnya. […]

Cara Input Penarikan Prive

Berikut ini akan kami jelaskan cara input penarikan prive, atau pengambilan dana oleh pemilik (owner) perusahaan perorangan untuk keperluan pribadi yang akan mengurangi modal. 1. Buka menu [Kas/Bank] – [Pembayaran Biaya] 2. Klik tambah Baru 3. Atur terlebih dahulu no pembayaran (bisa AUTO), tanggal, cabang, dan suppliernya. Catatan: Untuk Supplier bisa pakai CASH, sebagai Supplier […]

Cara Input Pembayaran Biaya-Biaya Perusahaan

Menu ini bisa digunakan untuk melakukan proses pembayaran biaya-biaya seperti Biaya operasional, Biaya Non Operasional, Biaya Lain-lain, Pengeluaran Luar Usaha, Hutang Lainnya dll. Yang berhubungan dengan pengeluaran kas atau bank perusahaan. Klik menu |Kas/Bank| lalu |Pembayaran| Setelah itu klik [Tambah Baru] Lalu pilih |Akun| Lalu ketikkan nama akun   Jika Anda belum membuat Akun untuk […]

Cara Input Pembayaran Hutang Supplier / Vendor

Menu ini digunakan untuk melakukan proses pembayaran Hutang perusahaan ke Vendor / Supplier. Untuk melakukan proses pembayaran pada Beecloud, pilih pada |Dashboard| – |Kas/Bank| Lalu pada menu |Kas/Bank| pilih |Pembayaran| Lalu pada menu Daftar Pembayaran pilih [Tambah Baru] Lalu pada menu [Tambah Baru] pilih [Supplier] Lalu di kolom bawah muncul nama [Daftar Mitra Bisnis], Pilih […]