Edit Termin Mitra Bisnis

Pernakah anda ketika melakukan transaksi penjualan maupun pembelian muncul keterangan “Pelanggan tidak diperkenankan KREDIT” ? Untuk Solusi diatas sangat mudah, anda cukup merubah Termin Mitra Bisnis anda (Supplier maupun Customer), Langsung saja kita masuk pada langkah pertama. Masuk pada menu Master > Mitra bisnis > Daftar Mitra bisnis, Lalu cari nama customer/supplier yang tidak bisa […]

Cara Membuat Master Pegawai

Master pegawai digunakan sebagai inputan data yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi dalam proses transaksi yang menggunakan inputan data pegawai. Langkah membuat Master Pegawai 1.   Masuk menu Master > Pegawai > New 2.   Lengkapi data Pegawai, atau anda bisa isi Namanya saja karena data yang lain sifatnya Opsional Kode : Diisi kode pegawai Nama : […]

Master MDR dan Surcharge Mesin EDC

Berikut ini adalah panduan pembuatan master mesin EDC dan pengaturan nilai beban biaya MDR (Merchant Discount rate) dan Surcharge pada program BeeAccounting. Untuk penggunaan fitur ini minimal pada Versi BeeAccounting 2.7. Jika masih menggunakan versi dibawah 2.7, mohon untuk dilakukan upgrade versi program terlebih dahulu. (Baca juga : Upgrade BeeAccounting 2.2 ke 2.7) Gambar Pembayaran dengan […]

Cara Membuat & Menerapkan Cabang

Berikut adalah cara pembuatan cabang pada BeeAccounting Buka BeeAccounting dan masuk menu [Master] -> [Cabang] Pilih |New| untuk buat baru Isi kolom Kode, Keterangan dan ceklist status Aktif Lalu |Save| dan |OK| Untuk penerapannya, isikan cabang pada setiap transaksi yang anda buat sesuai dengan cabang masing-masing, salah satu contohnya seperti berikut Untuk membayarkan nota hutang […]

Error Save Transaksi Tidak Diperkenankan Kredit

Jika menemui error save transaksi kredit seperti gambar di bawah ini : “ERROR: Pelanggan …. tidak diperkenankan KREDIT. Daftarkan pelanggan baru, ulangi penjualan KREDIT (spSale_New)” Apabila Mitra Bisnis tersebut diperkenankan transaksi CREDIT maka anda harus mensetting pada master Mitra Bisnis tersebut terminnya diganti CREDIT juga, seperti pada gambar berikut: Penjelasan : Termin Cash : Hanya boleh save […]

Mudahnya Import Banyak Item Untuk Satu Supplier di Pembelian

Jika anda biasanya kesusahan dan merasa jengkel jika harus input satu per satu item untuk order ke supplier (terutama supplier besar). Apalagi hal tersebut hampir dilakukan tiap minggu. Maka di sini kami menambahkan update (penambahan fitur) pada BeeAccounting untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada bulan November 2015 lalu, kami merilis update yang berisi beberapa penambahan, salah […]

Pembayaran PPH 21

Berikut adalah cara pembayaran pph pasal 21 pada BeeAccounting. Contoh Kasus : Gaji karyawan perusahaan A adalah 2,5 jt. PPH yang akan di bayarkan adalah 5% dari gaji tersebut. Berikut gambaran jurnal cara pembayaran yang dapat di lakukan. Lakukan pemotongan untuk pembayaran pph : Debet Kredit Biaya Gaji 2.500.000 PPH 21 125.000 Kas 2.375.000 Jika sudah […]

Cara Membuat Item Jasa

Sebelumnya kita sudah membuat artikel Tabel Perbandingan Pemakaian dan Fungsi Jenis Item di Bee Accounting. Kali ini kita akan share tentang penggunaan item jasa. Item Jasa sendiri biasa digunakan untuk pembelian atau penjualan yang memerlukan biaya (contoh : biaya pengiriman). 1) Buka menu Sistem –> Item –> Item 2) Klik New 3) – Isi nama item […]

Cara Input Biaya Ongkos Kirim (Ongkir)

Bagaimana cara input biaya ongkir apabila ada studi kasus; biaya ongkir kita bayar terlebih dahulu, baru setelah itu dibebankan pada customer yang bersangkutan bersamaan dengan nota penjualan? Silahkan ikuti tutorial berikut ini untuk mempelajari cara input biaya ongkir di software akuntansi Bee Accounting. 1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat akun untuk menampung […]