Contoh Laporan Akuntansi Sederhana Menggunakan Excel

Wednesday, 18 March 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jika saat ini Anda sedang mencari contoh laporan akuntansi sederhana menggunakan excel Anda sudah sangat tepat berada di artikel ini.

Namun sebelum saya memberikan contoh laporannya berbetuk excel tersebut alangkah baiknya Anda perlu memahami dasar-dasar akuntansi terlebih dahulu agar Anda dapat membaca laporan akuntansi dengan baik dan benar.

Pengertian Laporan Akuntansi / Keuangan

Laporan Akuntansi atau laporan keuangan merupakan bentuk pembukuan informasi keuangan suatu bisnis atau perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu.

Pengertian laporan keuangan / akuntansi menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah bagian dari suatu proses pelaporan keuangan yang lengkap.

Dan laporan keuangan dianggap lengkap jika di dalamnya terdapat laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan (arus kas / arus dana, catatan, serta laporan lain) dan juga terdapat materi penjelasan yang merupakan bagian integral darinya.

Fungsi Dari Laporan Akuntansi

Secara umum pada hakekatnya laporan keuangan berfungsi sebagai alat tolak ukur kesehatan perusahaan dari segi keuangan. Dan berikut ini beberapa fungsi lainya dari laporan akuntansi ;

1. Alat Pedoman Membuat Keputusan

Dengan memiliki laporan keuangan yang akurat maka Anda sebagai seorang nahkoda bisa menentukan ke arah mana kapal perusahaan Anda akan berlabuh. Apakah perusahaan sudah cukup kuat untuk melakukan exspansi atau justru sebaliknya.

2. Bahan Evaluasi

Laporan pembukuan yang Anda miliki sangat berguna sebagai bahan evaluasi. Anda dapat tahu betul bagaimana kesehatan keuangan perusahaan secara menyeluruh seperti aset, utang, piutang, biaya operasional dll.

3. Tolak Ukur Kinerja Startegi

Dengan laporan keuangan Anda juga dapat melihat bagaimana performa marketing perusahaan. Dengan begitu Anda dapat mempertahankan strategi marketing yang sudah ada jika memang performanya bagus, atau mencari strategi baru jika di rasa performanya tidak bagus.

4. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Sebuah perusaahan yang memiliki financial statement tentu saja akan menambah kepercayaan para pemegang saham untuk menginvestasikan uangnya di perusahaan Anda.

Selain itu jika suatu saat perusahaan Anda membutuhkan dana pinjaman dari bank. Maka laporan keuangan Anda akan sangat dibutuhkan.

Siapa Saja yang Butuh Laporan Akuntansi?

Melihat begitu pentingnya laporan keuangan yang sudah Saya jabarkan di atas maka semua bentuk usaha membutuhkan laporan akuntansi. Sekecil apapun perusahaan Anda harus memiliki laporan keuangan tidak terkecuali sekelas toko kelontong sekalipun. Karena Laporan Akuntansi itu dibutuhkan untuk melihat kondisi kesehatan usaha Anda. Siapa saja yang butuh?

  • Owner/Pemilik Usaha
  • Investor
  • Kreditur
  • Manajemen Perusahaan
  • Direktorat Jenderal Pajak
  • Karyawan
  • dan juga Pelanggan

Laporan akuntansi merupakan salah satu pondasi dasar sebuah perusahaan. Jadi jika salah satu dari pondasi dasar sebuah perusahaan itu tidak ada bagaimana perusahaan Anda akan berdiri tegak.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap

Mengapa Menggunakan Excel Untuk Pencatatan Akuntansi?

Membuat laporan keuangan menggunakan Excel adalah solusi yang dapat Anda ambil pada saat Anda belum memiliki cukup uang untuk investasi membeli software akuntansi.

Karena excel juga mudah digunakan dan sangat umum digunakan, sejak di bangku sekolah pun kita sudah diajarkan menggunakan excel. Meskipun memang punya kekurangan.

Bagaimana Cara Pencatatannya?

Cara mencatat laporan keuangan menggunakan Excel tentu saja ada beberapa tahapan :

1. Anda Harus Paham Penggunaan Rumus Pada Excel

Jika Anda belum paham penggunaan rumus-rumus pada excel tentu saja ini akan menjadi kendala tersendiri bagi Anda. Oleh karena itu Anda harus belajar tentang cara penggunaan rumus-rumus di excel terlebih dahulu.

2. Pahami Konsep Dasar Akuntansi

Seteah Anda paham penggunaan rumus-rumus excel langkah berikutnya yaitu memahami konsep dasar akuntansi.  Nah jika Anda dulunya seorang akuntan tentunya ini tidak akan menjadi masalah besar.

Namun jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam dunia Akuntansi ini akan menjadi PR besar. Pahamilah dulu konsep dasar dari laporan akuntansi yaitu pemahan tentang Kredit dan Debit setelah itu mengenai Penggolongan Akun.

3. Catat Setiap Transaksi

Setelah Anda paham konsep dasar dari akuntasi mulailah mencatat semua transaksi yang ada. Mulai dari transaksi pembelian, penjualan dan biaya operasional. Setelah itu diolah kembali untuk menjadi sebuah laporan keuangan yang utuh.

Sampai sini Anda sudah paham atau semakin bingung nieh hehehe? agar Anda tidak bingung langsung saja saya berikan 5 contoh lapotan akuntansi menggunakan excel.

5 Contoh Laporan Akuntansi Sederhana Menggunakan Excel

Sampai sini Anda sudah paham atau semakin bingung nieh hehehe? agar Anda tidak bingung langsung saja saya berikan 5 contoh laporan akuntansi sederhana menggunakan excel.

1. Jurnal Umum

Jurnal umum adalah suatu jurnal yang digunakan untuk mencatat segala jenis bukti transakis keuangan yang timbul akibat terjadinya berbagai transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu.

Jika bisnis Anda bergerak dibidang jasa maka jurnal umum ini bisa Anda terapkan, namun jika perusahaan Anda bergerak di usaha dagang maka lebih cocok dan efektif menggunakan jurnal khusus.

Berikut ini salah satu contohkan bentuk laporan Jurnal Umum menggunakan Excel.

Contoh Laporan Jurnal Umum

Contoh Laporan Jurnal Umum Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

2. Buku Besar / General Ledger

Buku besar atau general ledger adalah buku yang berisi semua kumpulan data transaksi historis yang bersumber dari jurnal umum ataupun jurnal khusus selain itu buku besar merupakan dasar pembuatan laporan neraca dan juga laporan laba / rugi.

Sedangkan buku besar sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Buku besar 4 kotak
  2. Buku besar 2 kotak

Jika di bahas detail mengenai buku besar ini akan sangat panjang oleh karena itu langsung saja saya berikan contoh General Ledger menggunakan excel :

Contoh Laporan Buku besar

3. Laba Rugi / Profit Loss Statement

Laba Rugi merupakan laporan keuangan yang berisi tentang pendapatan, pengeluaran dan biaya dalam satu periode tertentu yang menghasilkan kesimpula.

Dengan laporan laba rugi ini Anda akan tahu apakah bisnis Anda mendapatkan keuntungan atau justru mengalami kerugian. Sedangkan menurut penyajiannya laporan laba rugi dibedakan menjadi 2 yaitu single step dan multi step.

Baca Juga : Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

Berikut ini contoh laporan Laba Rugi excel.

4. Neraca / Balance Statement Of Financial Position

Neraca dalam laporan keuangan adalah dokumen yang menunjukkan posisi keuangan entitas perusahaan Anda pada akhir periode tertentu.

Unsur-Unsur yang terdapat pada laporan neraca ada 3 yaitu :

  1. Aktiva
  2. Pasiva
  3. Modal

Contoh Laporan Neraca menggunakan excel ;

Contoh Laporan Neraca

Contoh Laporan Neraca Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

5. Cash Flow / Arus Kas

Arus kas atau yang dikenal juga dengan istilah Cash Flow Statement adalah laporan yang menyajikan informasi data tentang kemana saja aliran dana / uang kas Anda.

Laporan arus kas idealnya tersusun dari 3 bagian berdasarkan sumber arus kas tersebut masuk.

  1. Arus Kas Operasional
  2. Arus Kas Investasi
  3. Arus Kas Pendanaan
Laporan Arus Kas Sederhana

Contoh Laporan Arus Kas Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

Kesulitan Jika Dicatat Pakai Excel

Menyusun laporan keuangan menggunakan excel tentu saja akan sangat menyulitkan bagi Anda yang sama sekali tidak memiliki dasar ilmu akuntansi. Jangankan Anda bagi orang yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang akuntansi sekalipun menyusun laporan menggunakan excel juga cukup sulit.

Tidak sampai disitu saja menyusun laporan keuangan mengguankan excel juga sangat tidak efektif. Dan jika Anda sampai satu saja salah meletakan rumus maka hasilnya akan sangat berbeda. Ini bisa berakibat fatal karena Anda jadi bisa mengambil keputusan yang salah.

Solusinya, Pakai Program Khusus untuk Bikin Laporan Keuangan, 1x Klik!

Rekrut pegawai akuntansi ?

Gratis Trial Beeaccounting - Software Akuntansi Sekali Bayar

Ya bisa saja Anda merekrut tenaga baru yang paham akuntansi tapi ini juga tidak efektif dan bukan solusi terbaik karena Anda harus menginvestaikan banyak uang untuk menggaji.

Jadi lebih baik Anda pakai Program khusus untuk Bikin Laporan Keuangan dengan hanya 1x klik!

“Ah Mahal “ Mahal mana hayo, pada saat Anda harus gaji perbulan tenaga baru hanya untuk membuat laporan keuangan. Atau kerugian yang harus Anda tanggung saat laporan yang Anda susun menggunakan excel menyajikan informasi yang salah. Akibatnya Anda salah mengambil keputusan penting.

Kesimpulan

Semua bentuk usaha bisnis baik skala kecil ataupun skala besar wajib hukumnya menyusun laporan akuntansi. Agar Anda dapat tahu betul bagaimana kondisi perusahaan terupdate.

Menyusun laporan menggunakan excel tidak menjadi masalah namun kurang efektif dan efisisen oleh karena solusi terbaik untuk menyusun laporan adalah menggunakan program.

Semoga artikel mengenai 5 Contoh Laporan Akuntansi Menggunakan Ms. Excel. Dapat membantu Anda dalam menyusun laporan pembukuan dengan baik.

Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi dalam menyusun laporan keuangan secara gratis langsung saja klik disini untuk mencobanya. Selamat mencoba.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :