Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana

Wednesday, 2 December 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
Pembukuan Sederhana

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pembukuan Sederhana – Tidak sedikit orang mengabaikan pembukuan yang sebenarnya memiliki peran penting dalam bisnis meskipun masik terbilang kecil. Pasalnya, lebih banyak yang lebih fokus pada pemasaran dan kualitas produk saja. Padahal sebenarnya memerhatikan keluar masuknya kas setiap harinya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Setiap usaha, tentunya harus memperhatikan cara dalam melakukan pembukuan dari keuangan meskipun itu usaha kecil maupun usaha yang sudah menengah ke atas. Karenanya, ketika usaha sudah berkembang pesat, maka secara otomatis pembelian akan meningkat pula. Sehingga jumlah transaksi yang masuk akan kian membesar.

Saat itu juga, banyak orang akan menyadari betapa pentingnya jumlah utang, pedapatan, serta piutang agar profit bisa diperoleh secara maksimal. Oleh karena itu, berikut meupakan informasi mengenai cara dan contoh membuak pembukuan sederhana untuk usaha yang penting untuk Anda simak.

Apa itu Pembukuan Sederhana?

Pembukuan Sederhana

Mengetahui Pengertian Pembukuan (Sumber: Freepik.com)

Pembukuan sederhana ditafsirkan sebagai sebuah proses pencatatan untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan. Pencatatan keuangan ini mencakup properti, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya, jumlah harga akuisisi, dan pengiriman barang atau jasa. Kemudian, Anda dapat menutup dengan menyiapkan laporan keuangan dalam bentuk neraca dan laporan laba rugi pada periode itu.

Biasanya pada perusahaan besar, membuat pembukuan merupakan hal yang mudah karena mereka sudah memiliki akuntan yang berpengalaman dan ahli dalam bidang pembukuan. Sementara bertentangan dengan itu, pengusaha baru atau kecil sering menganggap bahwa membuat buku sangat sulit dan rumit, sehingga mereka jarang membuat pembukuan sederhana ini.

Mengapa Pembukuan itu Sangat Penting?

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku usaha adalah mencampur aduk keuangan. Secara umum, pemula merasa kebingungan memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan. Dengan begitu, akan ada kebingungan finansial. Untuk alasan ini, usaha sekecil apapun harus sudah bisa membuat pembukuan sederhana.

Beberapa manfaat pembukuan sederhana adalah:

  • Dapat meminimalkan risiko kehilangan pemasukan, aset dan juga uang
  • Dapat mengetahui wajib pajak karena bisnis yang dilakukan
  • Dapat mempengaruhi aset yang dipengaruhi oleh hilangnya keuntungan dari bisnis nanti
  • Anda dapat mengetahui jumlah utang dan hutang
  • Anda dapat mengontrol biaya karena operasional bisnis
  • Anda dapat mengetahui kemajuan bisnis yang sedang dilakukan

Sebelumnya, kami sudah pernah membaha secara lengkap mengenai pentingnya pembukuan sederhana. Anda bisa membaca secara lengkap melalui link berikut: Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKM

Cara Membuat Buku Sederhana

aplikasi pembukuan sederhana

Ilustrasi melakukan pembukuan (Sumber: Freepik.com)

Sebelum mengetahui contoh pembukuan sederhana, Anda harus mengetahui akun dasar apa yang dapat diterapkan untuk bisnis, berikut merupakan ulasannya:

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Pada awal memulai bisnis baru, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah membuat pembukuan biaya yang terpisah. Beberapa jenis pengeluaran yang harus Anda perhitungkan, sertakan pembelian bahan baku, biaya operasi dan gaji karyawan. Anda bisa mencatatnya dalam tabel sejelas mungkin.

Dengan ini, Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang besarnya modal usaha yang telah dihabiskan. Jika Anda memiliki pembukuan pengeluaran, Anda dapat mulai menetapkan tujuan dan strategi sehingga modal Anda dapat kembali.

2. Buat Pencatatan Pendapatan

Setelah mencatat pengeluaran, maka buat catatan pendapatan dalam buku terpisah. Buku ini digunakan untuk mencatat berbagai jenis pendapatan dari jumlah produk penjualan dan piutang usaha yang telah dibayarkan.

Pencatatan penghasilan adalah langkah penting untuk membukukkan keuangan bisnis Anda. Sangat disarankan untuk membuat catatan ini terus menerus setiap hari. Catatan pemasukan berguna untuk mengetahui manfaat yang didapat oleh pengusaha.

3. Buat Buku Kas Utama

Selanjutnya, Anda juga harus membuat buku kas utama. Intinya adalah menggabungkan buku pengeluaran tunai dengan pendapatan. Oleh karena itu, Anda juga dapat mengetahui manfaat dan kerugian yang dialami oleh Perusahaan.

Untuk mencatat keuangan dalam bisnis Anda, buku kas utama ini memiliki peran penting dalam merancang strategi dan perencanaan jika perusahaan memiliki biaya yang tidak terduga di masa depan.

4. Siapkan Buku Stok

Penting juga bahwa pengusaha harus menyediakan buku stok secara terpisah. Lalu daftarkan item yang masuk dan keluar sepanjang hari. Peningkatan penjualan juga akan meningkatkan jumlah barang yang keluar.

Buku ini berguna untuk menjadi lebih mudah dalam melihat dan memantau produk pada perusahaan Anda. Terutama, jika dalam waktu dekat Anda berencana untuk menambahkan tujuan penjualan atau bahkan membuka cabang.

5. Buat buku inventaris

Tidak hanya buku stok barang, Anda juga diharuskan memantau segala inventaris yang dimiliki. Apa yang termasuk anggaran subsidi, pembelian dan sumbangan juga harus dimasukkan dalam buku inventaris.

Buku ini bermanfaat sehingga aset komersial Anda dapat dikontrol dengan baik. Manfaat lain juga dapat mencegah produk hilang dengan mudah. Bahkan kegiatan mutasi akan menjadi lebih mudah.

6. Siapkan Buku Laba Rugi

Sebuah catatan yang seharusnya tidak dilupakan sama sekali untuk mencatat keuangan usaha. Buku ini berguna untuk mencatat semua jenis pendapatan dan pengeluaran perusahaan dalam periode tertentu.

Manfaat lain adalah Anda dapat memonitor jika perusahaan menerima keuntungan begitu pula kerugian. Di perusahaan besar, laba dan rugi ini memiliki fungsi menentukan nilai investasi dan memprediksi arus kas di masa depan.

Buku laba rugi akan memberikan informasi tentang jumlah pajak yang harus Anda bayar. Dan Anda dapat mengevaluasi strategi perusahaan.

Baca Juga: Aplikasi Pembukuan Sederhana yang Cocok untuk Bisnis Anda

Pembukuan Sederhana Excel

Jika dirasa saat ini Anda sudah mengetahui cara membuat pembukuan sederhana, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui salah satu alat yang bisa Anda gunakan selain melakukannya secara manual. Yaitu dengan menggunakan aplikasi terkecal seperti Microsoft Excel.

Secara umum cukup banyak orang yang sudah mengetahui cara penggunaan Excel. Dengan kelebihan yakni memberikan tampilan berupa tabel, akan memudahkan Anda dalam membuat pembukuan sederhana.

Pembukuan Sederhana

Contoh Pembukuan Menggunakan Excel

Pembukuan Sederhana UKM

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara membuat pembukuan tersebut berlaku untuk semua usaha termasuk UKM. Pembukuan sangat penting sekali bagi ukm karena memiliki peran sebagai penentu dari peningkatan usaha yang dijalankan.

Jika Anda tidak melakukan pembukuan, maka dampaknya akan sangat fatal sehingga akan menghambat perkembangan ukm Anda. Jika Anda orang awam, Anda bisa memulai dengan pembukuan sederhana tulis tangan. Tetapi sangat disarankan untuk Anda bisa menguasai Excel seperti yang sudah dicontohkan di atas.

Ini juga berlaku untuk Anda yang memiliki usaha toko kelontong. Anda tetap diharuskan membuat pembukuan sederhana toko kelontong meskipun masih terbilang kecil usahanya.

Kesimpulan

Pembukuan sederhana penting untuk Anda lakukan. Tujuannya untuk mencatat segala transaksi pada sebuah perusahaan. Meski terbilang baru memulai usaha atau Anda yang sudah merintis usaha sejak lama, tetap tidak boleh menghiraukan pembukuan. Kenali dampak lebih detail jika Anda menghiraukan pembukuan untuk usaha Anda.

Mengingat saat ini terdapat banyak masalah yang dihadapi sebuah perusahaan, maka perlu dilakukan yang namanya pencatatan setiap transaksi. Jika sebelumnya Anda selalu mengalami masalah:

  • Stok sering hilang,
  • Stok habis saat dibutuhkan pelanggan,
  • Pembelian barangnya kurang atau tidak sesuai qty yang dipesan
  • Penjualan banyak tapi uang pendapatan tidak ada.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan sederhana Beecloud jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat pembukuan. Aplikasi Beecloud akan mempermudah Anda dalam membuat dan menyusun pembukuan bahkan hanya sekali klik saja segala laporan pembukuan sudah tersaji secara lengkap. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan Beecloud hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Fitur lengkap yang dimiliki Beecloud bisa membantu mengatasi masalah seperti manajemen keuangan, pengontrolan stok, pemantauan hutang dan piutang, dan dapat dilihat di mana saja dan kapan saja secara realtime karena telah berbasis cloud. Berminat? Yuk coba gratis selama 14 hari klik di sini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :