🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan UMKM

Apa saja syarat untuk mendapatkan bantuan UMKM dan bagaimana cara mendapatkannya? Cek semua tahapannya disini dan dapatkan bantuan segera!
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 20 March 2023

Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian. Perusahaan bisa jadi tetap bertahan di tengah pandemi, tapi usaha kecil harus bersusah payah untuk bangkit. Bagaimana syarat dan cara mendapatkan bantuan UMKM?

Daya beli masyarakat Indonesia yang terjun bebas serta kebijakan yang membatasi pelaksanaan kegiatan usaha justru membuat kondisi UMKM semakin parah. Untungnya, pemerintah menyediakan program khusus untuk membantu para pelaku usaha bertahan dan meraih keuntungannya kembali.

Jika Anda termasuk salah seorang pelaku usaha, pastikan untuk mencari tahu persyaratan dan cara mendaftar bantuan UMKM. Beberapa prosedur harus dilewati agar bisa memperoleh bantuan dari pemerintah. Apa saja syarat untuk memperoleh bantuan tersebut?

Syarat Mendapatkan Bantuan UMKM

An Asian Male Waitress Standing On The Side Of The Cart

Bantuan ini disalurkan oleh pemerintah dengan sasaran dari bantuan ini adalah pelaku usaha mikro.

Setiap program yang disediakan oleh pemerintah Indonesia mengharuskan para pesertanya untuk memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Sama halnya dengan pendaftaran bantuan khusus untuk pelaku usaha, setiap pelaku usaha wajib memenuhi persyaratan di bawah ini.

1. Kewarganegaraan Indonesia

Pelaku UMKM harus merupakan seorang WNI (Warga Negara Indonesia) dan bisa membuktikannya dengan menunjukkan e-KTP saat melakukan pendaftaran bantuan untuk pelaku usaha.

2. Kepemilikan Usaha

Setiap orang yang akan daftar bantuan UMKM online harus mempunyai usaha, baik berskala menengah, kecil, maupun mikro. Pelaku usaha wajib melampirkan surat BPUM yang bisa diperoleh melalui kantor kelurahan maupun kantor desa.

3. Bukan ASN

Pelaku usaha yang akan mengajukan permohonan bantuan tidak boleh merupakan anggota Aparatur Sipil Negara, anggota Polri atau TNI, maupun anggota BUMD atau BUMN.

4. Bukan Penerima Bantuan Lain

Pelaku usaha yang mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan tidak boleh merupakan penerima bantuan apapun dari koperasi maupun bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Cara Dapat dan Daftar Bantuan UMKM

Bantuan UMKM

ilustrasi pebisnis UMKM yang menerima bantuan

Ada dua metode pendaftaran bantuan yang bisa ditempuh oleh setiap pelaku usaha, yaitu secara online dan secara offline. Cara yang lebih praktis adalah secara online tapi tidak semua pelaku usaha memahaminya. Pendaftaran offline bisa dilakukan melalui Dinas Koperasi di kota masing-masing.

Baca juga: Cara Daftar UMKM Online 2023 Gratis Lengkap Serta Syaratnya

1. Cara daftar bantuan UMKM  secara online

Metode pendaftaran yang pertama adalah secara online, melalui situs web resmi Kementerian Investasi di oss.go.id. Pelajari dan ikuti metode pendaftaran lengkapnya di bawah ini.

  • Akses halaman utama situs web resmi oss.go.id kemudian pilih menu daftar yang muncul di bagian atas halaman utama.
  • Selanjutnya pilih UMKM sebagai skala usaha dan masukkan seluruh data yang diminta, periksa ulang kebenaran semua data tersebut kemudian klik Daftar.
  • Berikutnya periksa email yang digunakan untuk mendaftar lalu klik pilihan aktivasi untuk memperoleh akses ke akun OSS.
  • Setelah memperoleh akses, pilih menu Perizinan Berusaha kemudian langsung pilih menu Permohonan Baru.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi berbagai data yang berhubungan dengan usaha, yaitu data pelaku usaha, bidang usaha, rincian bidang usaha, serta jasa atau produk bidang usaha.
  • Periksa ulang seluruh data yang sudah dimasukkan di bagian Komitmen Prasarana Usaha, yang berisi daftar produk atau jasa, data usaha, daftar kegiatan usaha, dan dokumen persetujuan lingkungan.
  • Jika seluruh data sudah dilengkapi dan diperiksa kembali, klik Selanjutnya dan jangan lupa memberi tandang centang di bagian Pernyataan Mandiri.
  • Periksa lagi bagian Draf Perizinan Berusaha lalu tunggu Surat Perizinan Berusaha diterbitkan secara online.

2. Daftar bantuan secara offline

Proses pendaftaran offline lebih mudah dilakukan. Pelaku usaha perlu menyiapkan dokumen seperti NIB, SKU, KK, dan KTP kemudian membawa semuanya ke Dinas Koperasi terdekat. Serahkan seluruh berkas untuk diperiksa oleh Dinas Koperasi. Selanjutnya hanya tinggal menunggu dan mengecek saja.

Cara Cek Penerimaan Bantuan UMKM

Pasangan Yang Memiliki Bisnis Umkm

Pemerintah mengharapkan bantuan ini dapat membantu perekonomian UMKM

mSetelah daftar online bantuan UMKM, pastikan untuk mengecek penerimaan secara berkala. Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk melakukan pengecekan, yaitu:

1. Melalui situs eform BRI

Metode pengecekan yang pertama adalah melalui situs web E-form BRI. Untuk melakukan pengecekan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

  • Kunjungi situs web eform.bri.co.id/bpum melalui komputer atau ponsel kemudian masuk menggunakan NIK pelaku usaha.
  • Berikutnya lakukan verifikasi captcha dan tekan tombol inquiry lalu tunggu prosesnya selesai.
  • Halaman berikutnya akan langsung memberikan informasi apakah Anda lolos sebagai penerima BPUM atau tidak.

Bagi yang lolos sebagai penerima BPUM, proses pencairan bisa dilakukan di kantor cabang BRI dengan lokasi dan waktu yang sudah ditentukan di situs web tersebut.

2. Melalui situs web Banpresbpum

Situs web lain yang bisa digunakan untuk memeriksa apakah proses pendaftaran bantuan berhasil dilakukan adalah banpresbpum.id.

  • Kunjungi situs web resmi banpresbpum.id melalui ponsel maupun komputer kemudian masukkan NIK untuk mengecek penerimaan bantuan.
  • Selanjutnya, klik Cari dan tunggu sampai keterangan penerimaan bantuan muncul di layar.

Bantuan UMKM akan sangat bermanfaat bagi setiap pelaku usaha di Indonesia. Pastikan untuk memahami proses pendaftaran secara offline maupun online kemudian periksa secara berkala penerimaan bantuan dari pemerintah untuk pelaku usaha melalui situs web resmi.

Adanya UMKM adalah upaya pemerintah dalam mendukung perekonomian masyarakat. Dengan adanya UMKM, akan banyak perorangan yang bisa mengatasi masalah perekonomian. Umumnya tergolong salah satu usaha yang tidak terlalu memakan banyak modal. Terdapat beberapa jenis UMKM yang bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

Tips Merawat Bagian Depan & Meja Kasir Minimarket
Bagian-bagian dari minimarket yang harus di perhatikan kebersihannya ada banyak, salah satunya meja kasir minimarket. Bagian depan supermarket seperti tempat
Baca Juga
5+ Usaha yang Tidak Pernah Sepi, Modal Kecil Untung Besar
Anda tentu pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan, usaha yang tidak pernah sepi. Ungkapan ini seakan menjadi mantra para pengusaha
Baca Juga
Contoh Faktur Penjualan, Komponen dan Fungsinya (Lengkap)
Menjalankan sebuah usaha yang melibatkan transaksi pastinya membutuhkan sebuah kwitansi atau faktur penjualan maupun faktur pembelian sebagai bukti. Faktur sendiri
Baca Juga
13 Rekomendasi Aplikasi Stok Opname Barang Terbaik 2023
Stok opname adalah aktivitas menghitung persediaan barang yang masih tersimpan di gudang untuk dipasarkan nantinya, untuk meningkatkan efisiensi kerja dibutuhkan
Baca Juga
Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!
Template laporan keuangan sederhana sangat dibutuhkan pengusaha yang baru memulai atau yang sudah berjalan lama. Karena memang ada beberapa pengusaha
Baca Juga
Mengetahui Tujuan Kebijakan Fiskal dan Contohnya
Kebijakan fiskal mengacu pada pemanfaatan pengeluaran pemerintah dan kebijakan pajak untuk mempengaruhi kondisi ekonomi negara. Tujuan kebijakan fiskal adalah menstabilkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu