🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Strategi Akuntansi Bisnis Minimarket Yang Efektif

Strategi akuntansi minimarket adalah prosedur bisnis penting yang harus dijalankan tepat oleh pengusaha. Hal ini membantu Anda dalam mengatur ke mana uang
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 3 September 2019

Pembukuan akuntansi adalah prosedur bisnis penting yang harus dijalankan dengan tepat oleh pengusaha. Hal ini membantu Anda dalam mengatur ke mana uang Anda pergi dan memberi Anda kondisi keuangan perusahaan secara spesifik untuk pengembangan bisnis potensial kedepannya.

Jika ini dalam bentuk usaha minimarket, maka bisa dijadikan analisis untuk peningkatan pengembalian investasi Anda dengan salah satu strategi akuntansi minimarket. Anda harus memiliki metode yang tepat untuk mengumpulkan, mendokumentasikan, dan mengevaluasi informasi keuangan untuk membantu Anda memperkirakan bagaimana perusahaan Anda kedepannya.

Baca Juga: Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Branding Produk

Strategi Akuntansi untuk Usaha Minimarket

strategi akuntansi minimarket

Gambar 1. Strategi Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini strategi akuntansi bisnis minimarket yang efektif yang bisa Anda coba lakukan:

1. Atur Catatan Keuangan Anda

Pastikan Anda memiliki rekening bank terpisah untuk uang pribadi dan investasi bisnis Anda. Gaji Anda harus disetor tepat waktu ke rekening bank bisnis Anda. Jangan pernah melakukan transaksi pribadi menggunakan akun bisnis Anda. Apalagi untuk usaha minimarket.

Dimana usaha ini seringkali tercampur antara kebutuhan pemilik yang tidak tercatat rapi dalam catatan akuntansi usaha Anda. Hindari hal seperti ini. Aset pribadi Anda harus dilepaskan dari aset usaha untuk menghindari kesalahpahaman dan kesalahan penanganan keuangan.

2. Pertimbangkan untuk Konsultasi

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan perusahaan adalah merekrut seorang akuntan yang berpengalaman untuk mengawasi keadaan keuangan usaha Anda. Pembukuan adalah tugas penting bagi perusahaan.

Di era digital seperti saat ini, menghitung budjet Anda, melacak pengeluaran dan membuat rencana keuangan dapat dilakukan dengan terampil melalui fasilitas software akuntansi. Kemajuan perusahaan Anda bergantung pada catatan akuntansi dan taktik pengelolaan keuangan yang tepat.

3. Dokumentasikan Semua Arus Kas Bisnis minimarket

Lacak catatan usaha minimarket Anda, kelola arus kas, dan catat semua transaksi bisnis Anda dengan tepat. Anda harus menyimpan semua tanda terima dan formulir file dengan tepat. Pastikan mudah ditemukan saat Anda membutuhkan analisis keuangan dan terbaru.

4. Siapkan Arsip Cadangan untuk Catatan Akuntansi Bisnis

Selalu buat arsip cadangan file pembukuan Anda. Resiko kerusakan sistem yang tidak dapat diprediksi, kesalahan penanganan file, dan kondisi darurat lain yang mungkin terjadi pada arsip Anda dapat saja terjadi.

Untuk menghindari kehilangan semua bukti penting dari data di akun sistem akuntansi Anda, buat arsip cadangan akun Anda. Selalu miliki setidaknya 2-3 arsip soft copy maupun hard copy demi kenyamanan proteksi data usaha Anda. Anda dapat menyimpan catatan tersebut di berbagai hard drive.

Demikian juga, sangat ideal untuk memiliki salinan cetak dari catatan akuntansi Anda untuk membantu Anda melacak dan memeriksa semua transaksi Anda dengan mudah.

5. Gunakan Software Kasir Intergrasi Akuntansi

Ada banyak software akuntansi yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencatat data keuangan Anda. Anda membutuhkan software akuntansi yang akurat untuk mengelola pembukuan Anda secara efisien. Pilih alat bantu software akuntansi yang mudah dan praktis digunakan dan tentunya biaya terjangkau.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Anda bisa menggukan software kasir online Beepos, software kasir integrasi akuntansi yang akan mempermudah pemilik usaha dalam mengelola transaksi keuangan secara efisien. Keunggulan utama Beepos terletak pada keterhubungannya langsung ke sistem akuntansi, mengurangi risiko kesalahan manual, dan memberikan wawasan mendalam melalui fitur laporan yang canggih.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna, Beepos membantu meningkatkan efisiensi dan ketelitian dalam pengelolaan keuangan bisnis, memungkinkan fokus pada pengembangan strategis.

Semua langkah ini akan menambah kesuksesan bisnis minimarket Anda, tetapi Anda juga harus memperhitungkan perkembangan kondisi bisnis minimarket kedepan agar bisnis Anda tetap bertahan.

Baca Juga: Software Kasir Minimarket yang Dapat Membuat Usaha Anda Tumbuh

Kesimpulan

Akuntansi untuk perusahaan kecil sekelas minimarket tidak harus rumit. Jika Anda mengambil langkah yang benar di awal, seperti menyimpan catatan Anda dan meninjau kembali laporan keuangan Anda secara rutin.

Perusahaan yang sukses tahu apa strategi akuntansi yang penting. Hal ini membuatnya penting untuk memiliki pembukuan dan manajemen keuangan yang cocok untuk perusahaan Anda. Anda dapat menghindari kondisi seperti ini dengan membuat strategi akuntansi yang efektif sebelumnya.

Rancang anggaran bulanan Anda dengan bijaksana. Untuk minimarket, cash flow dan stock opname adalah dua hal yang penting. Sebagai saran dasar dan paling penting, merencanakan keuangan Anda setiap bulan dapat membantu Anda menghemat banyak uang.

Tuliskan semua rincian uang masuk dan keluar dengan baik. Setelah Anda mendokumentasikan semua pengeluaran Anda, Anda dapat membandingkannya dengan pemasukan minimarket Anda. Periksa anggaran usaha minimarket Anda dan hapus biaya keuangan yang tidak perlu.

Pembukuan Sederhana Usaha Kecil Tulis Tangan
Pembukuan sederhana usaha kecil tulis tangan sebenarnya memiliki peran penting dalam bisnis meskipun masih terbilang kecil. Pasalnya, lebih banyak yang
Baca Juga
Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang (Lengkap)
Cara membuat jurnal penyesuaian perusahaan dagang menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pebisnis. Hal itu dikarenakan dengan
Baca Juga
Kenali 6 Kriteria Software Akuntansi Terbaik Sebelum Beli!
Semakin hari, pekerjaan manusia semakin mudah sebab kecanggihan teknologi. Satu dari bentuk kecanggihan ini adalah hadirnya beragam pilihan software akuntansi
Baca Juga
Consignment Adalah: Memahami Konsep dan Keuntungannya
Apakah Anda pernah mendengar tentang sistem konsinyasi atau consignment? Jika ya, Anda pasti penasaran dengan apa sebenarnya consignment adalah dan
Baca Juga
Likuiditas Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya
Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya pada saat jatuh tempo. Indikator likuiditas yang paling umum digunakan adalah rasio
Baca Juga
Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu