🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya

5 laporan keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan karena masing-masing memiliki peran untuk kelangsungan bisnis.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 17 May 2022

5 laporan keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan karena masing-masing memiliki peran untuk kelangsungan bisnis.

Laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. Setiap detail laporan keuangan akan diperlukan untuk evaluasi perusahaan sehingga pembuatannya tidak dapat diabaikan dalam proses tersebut. Laporan ini juga merupakan referensi untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dalam satu periode. Dengan informasi ini, dapat diketahui berapa banyak keuntungan dan kerugian yang diperoleh oleh perusahaan dalam satu periode.

Oleh karena itu, laporan keuangan adalah hal penting dan perlu dilakukan secara akurat dan benar.

Definisi Laporan Keuangan

peran penting laporan keuangan untuk bisnis online

Ilustrasi Membuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah informasi keuangan pada perusahaan pada periode tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi kinerja perusahaan.

Di dalamnya berisi pencatatan transaksi dan juga pencatatan uang yang terjadi dalam perusahaan. Di mana yang dimaksud dengan transaksi adalah transaksi pembelian, transaksi penjualan atau beberapa jenis transaksi bisnis lainnya yaitu nilai ekonomi dan moneter.

Laporan bisnis perusahaan biasanya akan dibuat dalam periode tertentu, apakah itu dibuat setiap bulan, setahun sekali, atau setiap periode tertentu tergantung pada kebijakan Perusahaan. Umumnya perusahaan membuat laporan ini saat periode akuntansi mereka memasuki akhir bulan atau tahun.

Ketika Anda memahami kondisi keuangan dengan laporan yang ada, Anda dapat memonitor pengembangan bisnis Anda. Informasi terkait jenis laporan keuangan akuntansi sendiri tidak hanya digunakan oleh pemilik atau bahkan manajemen tetapi pihak lain juga dapat menggunakannya.

Yang paling penting adalah bahwa semua transaksi dicatat secara akurat sehingga laporan keuangan memiliki perhitungan yang tepat. Karena keuntungan perusahaan, kerugian, bahkan pembayaran pajak tergantung pada laporan keuangan.

Fungsi dan Tujuan Laporan Keuangan

Fungsi dan Tujuan Membuat Laporan Keuangan Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Tujuan dari fungsi keberadaan laporan keuangan ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana keuangan perusahaan secara keseluruhan dalam periode tertentu. Di mana hasil laporan ini akan digunakan oleh pengguna informasi laporan ini, juga semua pemangku kepentingan memiliki hak dalam laporan ini.

Hasilnya dapat digunakan untuk evaluasi atau melakukan sejumlah tindakan pencegahan jika ternyata kondisi keuangan perusahaan dalam kesulitan atau memerlukan tindakan.

Sedangkan untuk pihak yang berkepentingan yang sering menggunakan laporan ini seperti investor, kreditor, pemerintah bahkan masyarakat umum.

Selain tujuan, berikut ini beberapa fungsi dari laporan keuangan.

1. Evaluasi Perkembangan Perusahaan

Untuk melakukan evaluasi pengembangan bisnis dan usaha, tentu harus ada data referensi yang digunakan. Salah satu yang dapat digunakan adalah bentuk laporan yang berisi informasi keuangan perusahaan ini.

Dengan menggunakan data informasi keuangan perusahaan pada peridoda tertentu, kondisi korporasi yang sebenarnya akan muncul. Misalnya, dalam laporan laba rugi perusahaan akan terlihat apakah kondisi perusahaan menguntungkan atau rugi.

2. Menilai Kondisi Bisnis

Setelah diketahui bahwa kondisi bisnis rugi atau laba, dapat diputuskan apakah perlu untuk ditambah modal dalam bisnis. Misalnya, dengan mengetahui kondisi bisnis atau usaha dari bentuk laporan keuangan, dapat diputuskan apakah akan diberikan modal tambahan untuk ekspansi bisnis.

3. Sebagai Laporan Pertanggungjawaban

Laporan terkait dengan informasi keuangan Perusahaan ini biasanya juga digunakan sebagai bentuk akuntabilitas bagi berbagai pemangku kepentingan. Misalnya jika perusahaan terbuka, investor dan pemegang saham akan menggunakan laporan ini untuk melihat kondisi perusahaan.

Jadi, laporan ini adalah tanggung jawab perusahaan untuk memberikan informasi tentang kondisi perusahaan kepada para pemangku kepentingan. Ini juga merupakan formulir untuk menunjukkan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki tanggung jawab atau kredibel dan dapat dipercaya.

5 Laporan Keuangan

Ada banyak jenis laporan keuangan di setiap perusahaan termasuk perdagangan. Menurut standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, ada 5 laporan keuangan yang sepenuhnya digunakan yang terdiri dari:

  • Laporan laba rugi
  • Laporan perubahan modal
  • Neraca
  • Laporan Cash flow (Arus kas)
  • Catatan atas laporan keuangan (CALK)

Lima jenis laporan memiliki fungsi dan peran terpisah dalam agenda pelaporan keuangan dalam suatu perusahaan atau bisnis. Biasanya, setiap perusahaan memiliki kebutuhan mereka sehingga penggunaan laporan ini bervariasi.

Penggunaan harus didasarkan pada kebutuhan perusahaan, penting bagi bagian akuntansi untuk mengetahui fungsi masing-masing jenis laporan keuangan dengan jelas sehingga tidak perlu mengeluarkan usaha yang tidak berguna atau gagal menghasilkan laporan dengan informasi yang liable.

  • Laporan Laba Rugi

laporan laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi

Definisi laporan laba rugi adalah laporan yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan  laba dan rugi perusahaan. Laporan laba rugi atau sebutan lain income statement atau profit and loss statement adalah laporan yang berfungsi untuk menilai kinerja keuangan.

Laporan pendapatan yang dibuat untuk perusahaan adalah referensi untuk kondisi perusahaan dan mengambil langkah selanjutnya bagi pemimpin perusahaan.

Dari informasi yang tersedia dalam laporan ini akan diketahui apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian dalam satu periode akuntansi. Selain mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dilakukan untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan.

Kemudian laporan ini juga umum digunakan sebagai bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Laporan Perubahan Modal

laporan perubahan modal

Contoh Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan ekuitas atau laporan perubahan modal adalah jenis laporan keuangan yang menggambarkan perubahan baik dalam bentuk peningkatan atau penurunan aset bersih untuk satu periode.

Pengertian Laporan Perubahan Modal berisi jumlah perubahan modal keuangan yang terjadi. Jadi Anda dapat memiliki gambaran perencanaan perusahaan di masa depan.

Laporan Neraca

laporan neraca

Contoh Laporan Neraca

Seperti namanya untuk neraca atau balance sheet adalah salah satu jenis laporan keuangan yang menunjukkan posisi keuangan dan informasi perusahaan.

Dalam laporan Neraca, Anda akan melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan terperinci. Dengan kata lain, elemen dalam laporan neraca hanya tiga dari akun tersebut yang disebutkan.

Laporan neraca sangat penting bagi perusahaan untuk dapat merencanakan proyek di masa depan.

Laporan Arus Kas

laporan arus kas

Contoh Laporan Arus Kas

Jenis keempat dari laporan keuangan akuntansi adalah laporan arus kas atau cash flow statement. Laporan arus kas menyajikan informasi mengenai kondisi arus kas masuk dan keluar. Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas pada periode mendatang.

Sumber laporan arus kas disini beragam. Misalnya, dari hasil kegiatan operasional perusahaan, uang kas perusahaan, untuk pendanaan atau pinjaman yang diperoleh perusahaan. Laporan arus kas adalah bentuk akuntabilitas untuk kas masuk dan keluar selama periode pelaporan.

Baca Juga: Simak Pentingnya Laporan Arus Kas Dalam Sebuah Bisnis Berikut ini

Catatan atas laporan keuangan (CALK)

Juga dikenal sebagai catatan laporan keuangan (CALK) yang merupakan bagian dari satu jenis atau bentuk laporan keuangan suatu entitas perusahaan. Namun, Calk ini sebenarnya bukan laporan wajib dibuat oleh perusahaan. Sehingga perusahaan yang biasanya membuat Calk adalah perusahaan skala besar atau perusahaan yang telah umum.

Tujuan pembuatan laporan terkait dengan informasi keuangan di perusahaan adalah untuk memberikan penjelasan terperinci. Terutama tentang hal-hal yang ada dalam jenis laporan bisnis lain seperti yang disebutkan di sini. Jadi letak Calk ini biasanya ada di bagian belakang itu sendiri.

Kesimpulan

Tanpa laporan keuangan, perusahaan tidak dapat mengukur kinerja hingga perkembangan perusahaan selama periode yang diketahui. Sayangnya hal ini tidak disadari oleh beberapa perusahaan yang baru berkembang.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui dan membuat 5 laporan keuangan untuk perusahaan. Jika Anda ingin membuat laporan keuangan secara otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Membuat laporan keuangan bulanan dengan menggunakan Excel memang suatu keharusan bagi setiap instansi, perusahaan, dinas, maupun lembaga organisasi lainnya dengan tujuan untuk menganalisa pengelolaan keuangan di instansi tersebut. Prosesnya yang ribet dan memakan waktu kini sudah ada solusinya. Cobalah gunakan software akuntasi Beecloud untuk merasakan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan perusahaan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang Bisa Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis

Banner Beecloud Laporan Neraca

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang
Baca Juga
Balance Sheet Adalah: Komponen, Fungsi, dan Cara Membacanya
Nama lain balance sheet adalah laporan neraca, laporan ini menjadi salah satu dokumen kunci yang menjadi sorotan dalam menganalisis kesehatan
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sederhana Online Shop, Mudah dan Akurat!
Contoh pembukuan sederhana online shop membantu Anda untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang dimiliki. Bisnis online shop
Baca Juga
Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil
Akuntansi UKM - Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha
Baca Juga
Laporan Keuangan Adalah Dokumen Penting, Apa Saja Jenisnya?
Mengenal laporan keuangan adalah, tujuan beserta fungsinya jadi sangat penting bagi Pengusaha. Karena laporan ini jadi hal yang sangat penting
Baca Juga
15 Bidang Bidang Akuntansi dan Penjelasannya, Lengkap!
Sedang belajar akuntansi adalah untuk kepentingan bisnis atau sekolah Anda wajib mengetahui apa saja jenis bidang bidang akuntansi yang dibedakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu