🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

3 Aplikasi untuk Membuat Purchase Order Lebih Mudah

Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, maka proses purchase order menjadi semakin kompleks tanpa adanya aplikasi purchase order.
Penulis: Dhea Forekha
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 29 April 2022

Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, maka proses purchase order menjadi semakin berkembang sekaligus kompleks tanpa adanya aplikasi purchase order. Jika dahulu Anda memesan material dari supplier melalui telepon dan email, kini penyuplaian persediaan barang mulai sulit untuk dikelola.

Karenanya, dalam pembuatan purchase order atau PO, akan sangat membantu dan memudahkan aktivitas bisnis Anda jika menggunakan aplikasi.

Berikut Tiga Aplikasi untuk Membuat Purchase Order dengan Mudah

cara dan contoh purchase order barang image

Ilustrasi Purchase Order (Sumber: Freepik.com)

  • Beecloud

Karena PO bertindak sebagai surat kesepakatan antara pembeli dan supplier maka harus detail dan rinci. Mulai dari harga barang, nama barang serta tipenya, qty, garansi, termin pembayaran, metode pembayaran dll.

Jika barang yang ingin order item dan qty nya sedikit ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Namun jika total itemnya sudah puluhan bahkan sampai ribuan ini akan sangat menyita waktu jika masih menggunakan word maupun excel.

Namun tidak semua software akuntansi memiliki form purchase order. Dan salah satu software akuntansi yang dilengkapi dengan form pembelian (PO) adalah Beecloud.

  • RedERP

Dengan menggunakan software RedERP, sistem pengadaan perusahaan menjadi lebih sederhana dan singkat, termasuk penerimaan faktur, tanda terima, penawaran, pembayaran, dan pengembalian. Selain itu, aplikasi purchase order-nya memiliki pelaporan terintegrasi yang dapat membantu Anda dengan mudah untuk membandingkan setiap pemasok dan menegosiasikan kesepakatan.

Dengan mengandalkan sistem pengadaan barang pada RedERP, perusahaan Anda dapat melakukan efisiensi biaya dan menghemat waktu dalam proses operasional dengan maksimal. Terdapat beberapa fitur, yaitu otomatisasi tanda terima, manajemen faktur, manajemen Request for Quotation atau RFQ, otomatisasi purchase, laporan dan analisa.

  • Simple Inventory Purchase Sale Order System

Merupakan sebuah aplikasi pencatatan stok barang pembelian dan penjualan. Selain dapat digunakan untuk mencatat stok barang, aplikasi ini juga berfungsi untuk mencari, menambahkan, hingga mengurangi inventaris yang Anda miliki.

Aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh para pelaku bisnis usaha kecil menengah atau UKM. Keunggulan utamanya, yaitu memberikan laporan perhitungan stok barang yang sederhana namun tetap informatif.

Beberapa fiturnya, diantaranya form data master, input product, transaction, report, dan daftar account.

Kekurangan dari Aplikasi Pembuat Purchase Order

Namun, dari kemudahan yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi pembuat purchase order tersebut terdapat kekurangan, diantaranya:

  • Menghabiskan banyak waktu untuk mengurus semua akun.
  • Tidak praktis, karena ada banyak akun yang harus sering dicek, seperti stok, penjualan, kas, piutang, dan biaya.
  • Akibat jarang dicek, maka biaya membengkak, kehabisan stok, dan sebagainya.
  • Terdapat dua versi data yang berbeda, yaitu cabang dengan pusat.
  • Tidak semua cabang dapat menguntungkan, akibat biaya membengkak, subsidi silang, dan lain-lain.

Solusi untuk Aplikasi Pembuat Purchase Order

Adalah Beecloud, software akuntasi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari satu tempat.

Berikut keunggulan dari Beecloud:

  1. Analisa bisnis berdasarkan angka.
  2. Buka lebih banyak cabang.
  3. Aman dari manipulasi dan kebocoran.
  4. Menekan piutang macet tak tertagih.
  5. Semua aktivitas tercatat.
  6. Bisa diakses dari HP, Tablet, dan Laptop.
  7. Hak akses bisa diatur.
  8. Mudah dicetak dalam bentuk invoice dan laporan.
  9. Portable, dapat mengirim invoice via email.

Kesimpulan

Dalam membuat purchase order untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu dalam penyediaan barang, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda.

Menggunakan ketiga aplikasi pembuat purchase order di atas, cukup baik jika diaplikasikan dalam bisnis kelas menengah.Tetapi, Anda memerlukan software akuntansi lain seperti Beecloud, yang dapat membantu dalam aktivitas bisnis yang lebih besar.

Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi online dalam mencatat keuangan secara gratis, silakan klik di sini.

Selamat mencoba!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh
Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang
Baca Juga
Piutang Adalah Utang yang Seperti Apa? Ini Penjelasannya
Piutang adalah uang milik perusahaan yang harus dibayarkan oleh konsumen/ pelanggan setelah proses pembelian produk barang/ jasa. Artinya, Piutang usaha
Baca Juga
Mengenal Aset Lancar, Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Salah satu elemen kunci yang mengukuhkan fondasi keuangan bisnis yang sehat adalah aset lancar. Aset lancar, atau yang lebih dikenal
Baca Juga
Berapa Gaji Kasir Cafe dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Gaji kasir cafe merupakan salah satu peran penting dalam industri cafe. Kasir tidak hanya melakukan transaksi pembayaran dengan pelanggan, namun
Baca Juga
Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!
Banyak yang mengatakan bahwa software akuntansi keuangan penting dan setiap perusahaan wajib memilikinya. Benarkah demikian? Ada apa dengan software akuntansi,
Baca Juga
Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Mengirim faktur atau invoice tepat waktu adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan segera membayar produk dan layanan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu