5 Aplikasi Keuangan yang Paling Banyak Dicari Tahun Lalu

Sunday, 29 March 2020
Maghfirotul Amalia
Maghfirotul Amalia

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Aplikasi Keuangan – Mengelola keuangan memang gampang – gampang susah. Jika cara kita benar maka kita bisa untung, namun jika salah malah bisa bunting. Jadi tidak boleh asal – asalan dalam mengelola keuangan apalagi keuangan usaha kita karena menyangkut banyak hal dan karyawan.

Lalu bagaimana caranya ? Pertama kita harus memahami dulu definisi laporan keuangan

Apa itu Laporan Keuangan ?

apa itu laporan keuangan

Tumpukan Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu Periode Akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan Keuangan yang lengkap meliputi :

  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

(Sumber : Wikipedia.org)

Siapa Saja yang Membutuhkan Laporan Keuangan ?

siapa yang butuh laporan keuangan

Setor Laporan Usaha (Sumber : Freepik.com)

1. Pemilik

Pemilik perusahaan tentunya membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kinerja perusahaan, perolehan laba rugi dan menilai terkait kondisi perusahaan. Dengan mengetahui hal tersebut maka pemilik dapat mengambil langkah dan kebijakan apa saja yang dilakukan.

2. Kreditur

Untuk menetapkan syarat kredit, menjaga keamanan kekayaan yang digunakan oleh perusahaan kemudian menilai apakah kepercayaan yang diberikan perlu ditarik atau dipertahankan juga mengetahui apakah penerima kredit mampu mengembalikan bunga dan kredit tepat pada waktunya.

3. Investor

Bagi para investor memiliki kepentingan karena akan memberikan dananya kepada perusahaan. Sebelum investor memberikan dananya, mereka akan menganalisa performa laporan keuangan perusahaan dan akan menyeleksinya.

4. Manajemen

Untuk menaksir sifat dan jumlah uang atau dana yang diperlukan, mengevaluasi hasil keputusan dan kebijakan ekonomi yang ditetapkan dimasa lampau, kebijakan deviden, merekomendasikan setiap reorganisasi ataupun lainnya yang berkaitan dengan manajemen perusahaan untuk menyusun perencanaan perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan dan melakukan tindakan – tindakan koreksi yang diperlukan.

Baca Juga : Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Perusahaan dengan Tepat

5. Pemerintah

Untuk menghitung dan menetapkan besarnya pajak perusahaan, menaksir sanksi, penyelidikan dan pemeriksaan terhadap kekayaan dan hasil operasi yang dilaporkan. Informasi akuntansi merupakan sumber utama bagi badan pemerintah untuk dapat menetapkan pajak perusahaan atau mengawasi perusahaan.

6. Karyawan

Karyawan juga membutuhkan Laporan Keuangan perusahaan karena untuk menganalisa prospek apakah perusahaan mereka bekerja tersebut stabil atau tidak.

Kenapa Perusahaan Butuh Laporan Keuangan ?

kenapa butuh laporan keuangan

Ilustrasi Peran Karyawan untuk Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa untuk mengelola keuangan itu jiak caranya benar maka akan untung. Memiliki Laporan Keuangan merupakan salah satu langkah untuk mengelola uang perusahaan dengan cara yang benar. Dari sini kita dapat mengetahui apakah perusahaan kita dibulan ini mengalami kenaikan atau penurunan. Apakah ditahun ini perusahaan kita sudah berkembang dan lain sebaginya. Untuk mengetahui secara pasti langkah apa yang harus diambil selanjutnya tentu sebuah perusahaan harus memiliki Laporan Keuangan.

5 Aplikasi Keuangan Perusahaan Terbaik

aplikasi keuangan terbaik

Laporan Keuangan di Smartphone (Sumber: Bee.id)

Dewasa ini pembuatan Laporan Keuangan tidak harus selalu menggunakan cara manual, ada aplikasi – aplikasi keuangan terbaik di Indonesia yang bisa anda pilih, di antaranya :

1. Myob

Screenshot Aplikasi Akunting Myob

Screenshot Aplikasi Akunting Myob (Sumber: Google.com)

Myob Accounting merupakan software computer pengolah data akuntansi , proses pencatatan data akuntansi yang dilakukan dengan cara memasukkan data kedalam komputer untuk kemudian diolah menjadi laporan keuangan. Detailnya cek di sini

2. Lazy8Ledge

Lazy8Ledge merupakan aplikasi akuntansi gratis. Dengan bantuan freeware ini, anda dapat mengawasi akun beberapa perusahaan. Aplikasi ini menampilkan data bisnis secara grafis.

3. PostBooks

Gambar Tampilan PostBooks Accounting

Screenshot Software PostBooks Accounting (Sumber: Danielpocock.com)

PostBook adalah perangkat lunak CRM, ERP dan akuntansi gratis. Ini sangat berguna bagi pemilik usaha kecil.

4. Beecloud

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Software Akuntansi Online Bee cloud adalah software akuntansi online berbasis web based dengan sistem Mobile Dashboard Approval. Yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Aplikasi ini didesain khusus untuk kontrol bisnis dengan banyak cabang.

5. TurboCash

TurboCash adalah aplikasi yang dirancang untuk mengelola proses akuntansi sebuah usaha kecil maupun rumahan. Anda bisa download aplikasinya di sini

Kesimpulan, Mana yang Terbaik?

Jadi, banyak aplikasi keuangan yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda, yang sangat rekomendasikan adalah Beecloud karena sistemnya online dan bisa diakses dari hape.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :